Dinkes Cimahi Luncurkan Mobil Cerdik 'Aku Cinta Sehat'

KBRN, Cimahi : Dinas Kesehatan Kota Cimahi, meluncurkan Mobil Cerdik “Aku Cinta Sehat”, sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara mobile.

Pelunncuran Mobil Cerdik tersebut, dilakukan oleh Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna di Halaman Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi di Jalan Raden Demang Harjakusumah Cibabat Kota Cimahi, Minggu (14/4/2019), ditandai dengan pelepasan balon warna warni.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi dr.Pratiwi menuturkkan, dinas kesehatan kota Cimahi memiliki sebuah mobil minibus tahun 2003, yang kondisinya masih bagus namun jarang digunakan.

“Mobil tersebut dimodifikasi untuk menjadi mobil pelayanan kesehatan keliling, guna membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Menurut Pratiwu, mobil itu untuk deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). “Kita bisa melakukan pemeriksaan gigi ada kursi giginya, kemudian juga peralatan tensi untuk hypertensinya, pemeriksaan gula untuk diabetnya, deteksi lingkar perut, timbang berat badan dan sebagainya, sehingga Standar Pelayanan Masyarakat(SPM)nya bisa mencapai 100 persen,” ucapnya.

"Antisipasinya pakai pelindung tubuh untuk penghangat badan, maka yang berkalori dan berprotein tinggi. Buah dan sayur harus cukup," katanya.

Bila pelayanan kesehatan hanya dilakukan didalam gedung ujar Kadinkes, maka tingkat SPMnya tidak akan bisa mencapai 100 persen.

Kegiatan pelayanan mobile tersebut akan dijadwal lokasi, dengan kegiatan yang dikoordinasikan dengan Puskesmas, dan Sekolah, maupun pasar-pasar yang ada di Kota Cimahi.

Pada kesempatan itu Walikota Ajay, menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Kesehatan, karena bisa berinovasi dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, dengan memanfaatkan sarana yang sudah ada.

Sumber : rri.co.id

Berita Terbaru

Link Terkait