• Pelatihan Entry Data ICD X Bagi Petugas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Cimahi Tahun 2016

Posting Oleh : Admin Bidang: Kesehatan Masyarakat Dilihat: 6936

CIMAHI, dinkes.cimahikota.go.id - Cimahi, 25 April 2016 Informasi Kesehatan adalah kumpulan data-data kesehatan yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen dimana didalamnya mencakup input-proses-output yang saling berhubungan, yang kemudian diproses sehingga bermanfaat dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan atau kebijakan dibidang kesehatan.

Dalam era pembangunan kesehatan, keberadaan data dan informasi kesehatan memegang peran yang sangat penting. Data dan informasi kesehatan akan sangat berpengaruh terhadap arah pembangunan kesehatan kedepannya.


Berdasarkan hal tersebut diatas, kualitas Informasi Kesehatan menjadi suatu hal mutlak yang harus dipenuhi. Agar kualitas data dan informasi Kesehatan terpenuhi dengan baik maka bukan hanya perangkat keras saja yang harus dipenuhi tetapi juga perangkat lunak serta sumberdaya manusia bidang kesehatan, sehingga data dan informasi Kesehatan di Kota Cimahi lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.


Kepala Instalasi Rekam Medis RSUP. Dr. Hasan Sadikin Bandung, Teguh Redy Senjaya, A.Md.PK.,SST.RMIK, M.MKes., selaku narasumber sangat mengapresiasi, beliau senang bisa berpartisipasi dalam peningkatan kapasitas stakeholder petugas rekam medis terutama Kota Cimahi. “Untuk Puskesmas, sebagai frontliner dari pelayanan kesehatan sehingga perekam medisnya sangat berperan penting karena dari mulai pendaftaran, pengolahan, pelaporan itu (pengumpulan data kesehatan untuk selanjutnya diolah dijadikan sebuah informasi kesehatan -red) adanya di rekam medis,  jadi rekam medis merupakan salah satu unsur sangat terpenting dari pelayanan di Puskesmas,” ujarnya.


Untuk di Kota Cimahi sendiri, melalui dinas kesehatan dimana Puskesmas di Kota Cimahi sudah menempatkan petugas rekam medis di setiap Puskesmas.


Komentar salah satu peserta pelatihan, Yohanes Wasono ARB, A.Md.PIK, “coding (kodefikasi penyakit berdasarkan ICD X untuk selanjutnya di entry kedalam Sistem Informasi Puskesmas -red) ini merupakan pekerjaan rutinitas yang dikerjakan setiap hari oleh perekam medis di Puskesmas, serta banyak kasus–kasus yang kita perlu mengetahuinya lebih lanjut. Dengan adanya pelatihan seperti ini, sangat bermanfaat sekali dan berharap pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara continue kedepannya.”
   

Untuk meningkatkan kualitas data dan informasi khususnya data penyakit di puskesmas, Dinkes Kota Cimahi mengadakan pelatihan entry data ICD X bagi petugas kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, tanggal 20 April sampai 22 April 2016 yang diikuti oleh petugas rekam medis dari 13 puskesmas dan pengelola program SIK dinas kesehatan.

Menurut kepala seksi jaringan Jaringan Informasi dan Promosi Kesehatan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dr. Ars Agustiningsih, MARS., salah satu keluhan petugas di lapangan adalah lamanya waktu dibutuhkan untuk melakukan coding diagnosa berdasarkan ICD X, apalagi bila diagnosa yang ditulis oleh dokter kurang jelas atau tidak lengkap. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini dr. Ars berharap para peserta dapat merefresh ilmunya sehingga data penyakit dapat terkodefikasi berdasarkan ICD X secara cepat, tepat dan akurat serta berkesinambungan sebagai bahan dalam menunjang pengambilan kebijakan pimpinan dan perencanaan bidang kesehatan.
(AO)





97 Komentar

Tambah Komentar