• MENGELOLA STRES

Dalam kedaruratan, baik orang dewasa maupun anak-anak dapat mengalami stres. Hal ini adalah normal, apalagi saat awal terjadinya bencana yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.
Untuk itu orang tua perlu dibekali cara sederhana untuk mengatasi stres sebelum mereka dapat melakukannya kepada anakanaknya.

APA ITU STRES?
Stres adalah perubahan hidup yang memerlukan penyesuaian.Stres merupakan realitas kehidupan setiap hari, tidak dapat dihindarkan, namun dapat dikelola dengan baik sehingga kita mampu beradaptasi.

APA TANDA-TANDA STRES?
•  Konsentrasi dan pikiran menurun
•  Tidak tanggap terhadap pertanyaan atau perintah yang diberikan.
•  Menimbulkan reaksi perasaan seperti takut, marah, sedih, bingung.
•  Timbul reaksi fisik seperti sakit kepala, sakit ulu hati, rasa lemas, keringat dingin, gemetaran, berdebar-debar dan susah/tidak bisa tidur.
•  Mudah cemas dan berpikir negatif terhadap suatu peristiwa.

BAGAIMANA MENDUKUNG DAN MENDAMPINGI PENYINTAS MENGATASI STRES?
•  Membantu menyadarkan penyintas:
-  untuk memiliki kemampuan dan daya tahan untuk menghadapi situasi sulit seperti bencana.
-  untuk mengakui dan menerima perasaan yang dialami sebagai suatu hal yang wajar. Ekspresikan marah, sedih, kecewa dengan wajar
-  untuk menuliskan apa yang dirasakan pada selembar kertas atau buku harian. Hal ini membantu saat
penyintas belum siap membuka diri kepada orang lain
-  untuk mampu membuka diri dan menerima dukungan yang diberikan oleh keluarga, teman atau
orang-orang di sekitar penyintas
-  untuk berbagi dengan orang lain yang mengalami peristiwa serupa
-  Melakukan kegiatan positif yang dapat membuat penyintas merasa nyaman dan rileks
-  untuk menjaga kesehatan dengan makan, tidur dan olah raga teratur. Jika kesulitan tidur, sebaiknya
hindari minuman berkafein, alkohol atau obat tidur yang justru dapat membahayakan kesehatan
•  Berempati dengan lebih banyak mendengarkan penyintas dari pada menasehati, hal ini
membantu mengurangi beban, sehingga merasa lebih baik
•  Hargai kemajuan yang berhasil dicapai, sekecil apapun itu. Misalnya: memberi pujian jika penyintas sudah berani keluar rumah dan mau terlibat dalam kegiatan di lingkungan sekitar
•  Ajak penyintas untuk:
-  Bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk bangun pagi, menghirup udara segar
-  Meningkatkan kegiatan Ibadah

KEGIATAN APA SAJA YANG BISA DILAKUKAN UNTUK KEDEKATAN SOSIAL?
•  Membuat kelompok pengajian atau kelompok ibadah
•  Membuat kelompok piket memasak atau piket kebersihan
•  Memberikan perhatian pada anak yang terpisah dari orang tuanya
•  Bantu orang tua yang kehilangan anak untuk dapat mengakses layanan pencarian yang ada atau menginformasikan kehilangan anaknya kepada para pihak yang terkait

APA PERAN KADER DAN PETUGAS KESEHATAN DALAM MEMBANTU MASYARAKAT UNTUK
MENGATASI STRES?
•  Memberi rasa aman. Pastikan keamanan penyintas dengan membawanya ke tempat yang aman, hal ini akan meningkatkan kondisi fisik maupun emosional penyintas
•  Koordinasikan dengan posko atau aparat terkait tentang tempat-tempat aman yang dapat digunakan menampung para penyintas
•  Ketika penyintas sudah berada di tempat tersebut, jauhkan benda-benda yang berbahaya yang ada di sekitar tempat itu. Misalnya, perabotan yang tajam, pecahan gelas, potongan seng dan lain-lain
•  Pastikan anak mendapatkan ruang yang aman, di mana mereka dapat bermain dan mendapatkan
pengawasan dari orang tuanya
•  Tanyakan kebutuhan dasar para penyintas yang bisa dipenuhi. Kebutuhan ini bisa berupa pakaian,
alas tidur, keperluan mandi, maupun bahan makanan dan alat memasak
•  Upayakan untuk membuat/mengembalikan aktifitas normal/rutin anak-anak misalnya membuka kembali sekolah walau dengan sarana terbatas. Ini merupakan salah satu cara yang berguna agar anak dapat bertahan dan pulih
•  Tanyakan apakah ada di antara penyintas yang memerlukan pertolongan medis atau
pengobatan.
•  Identifikasi penyintas yang memiliki kebutuhan khusus,
•  Pastikan koordinasi dengan aparat terkait untuk pemenuhan kebutuhan dari para penyintas.
•  Sediakan informasi tentang kegiatan respon bencana yang ada beserta layanan informasi yang tersedia.
•  Informasi yang terpercaya akan menghindarkan penyintas akan paparan yang menyesatkan.

MENGURANGI STRES PADA ANAK APA SEBABNYA TERJADI STRES PADA ANAK?
•  Rasa takut, rasa sakit, pengalaman mengerikan.
•  Mereka tidak berada di tempat yang aman

APA SAJA TANDA- TANDA STRES PADA ANAK?
•  Takut berpisah dari orang tua atau orang dewasa, selalu mengikuti orang tuanya, ketakutan orang asing, ketakutan berlebihan pada “monster” atau binatang.
• Kesulitan tidur atau menolak untuk pergi tidur
•Bermain berulang-ulang yang merupakan bagian dari pengalaman bencana
•Kembali ke perilaku sebelumnya, seperti mengompol atau menghisap jempol
•Mudah menangis dan menjerit
•Menarik diri, tidak ingin bermain bersama anak-anak lain
•Ketakutan, mimpi buruk dan takut suara tertentu atau benda terkait dengan bencana
•Agresif dan lekas marah
•Mudah curiga
•Mengeluh sakit kepala, sakit perut atau nyeri

BAGAIMANA MENANGANI ANAK YANG STRES?
•  membangun emosi positif seperti keceriaan, ketertarikan pada anak, lembut, mendukung, peduli, kasih sayang, perhatian, dan hangat.
•memberikan pujian dan penghargaan atas usaha yang sudah dilakukan anak
•tidak memberikan label atau cap buruk pada anak
•mendengar, berempati dan peka
•gunakan bahasa yang sederhana, sebisa mungkin menggunakan bahasa setempat jika berkomunikasi dengan anak
•menyediakan waktu lebih banyak
• mendorong anak untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan ide-ide mereka
•  memastikan mereka mengerti apa yang anda katakan
•  tidak menganakemaskan atau terlalu berlebihan memperhatikan anak tertentu
• menyesuaikan diri apabila ada anak yang tidak mau terlibat atau merasa bosan atau menjadi penakut
•  Menyediakan informasi, bahan bacaan, yang sesuai umur anak, untuk membangun keyakinan dan memberi dukungan emosional
•  Segera menciptakan suasana dan kegiatan yang biasa dilakukan anak sehari-hari, seperti permainan tradisional yang menggembirakan, petak umpet, ular-ularan, dan mendongeng, menyanyi,
menari, menggambar, melukis, olahraga, dan lain-lain
•  Membuat tata tertib yang jelas agar anak-anak berperilaku pantas dan hindari hukuman fisik

SIAPA SAJA YANG DAPAT MEMBANTU MENANGANI ANAK YANG STRES?
•    Orang tua
•    Pengasuh
•    Teman sebaya
•    Guru dan anggota masyarakat
•    Mereka menjadi sumber yang penting dalam memberi dukungan dan rasa aman pada anak-anak