CIMAHI, dinkes.cimahikota.go.id - Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) khususnya Puskesmas yang ada di Kota Cimahi, Dinas Kesehatan Kota Cimahi bekerjasama dengan IDI Cabang Kota Cimahi mengadakan kegiatan Refreshing 144 Diagnosa Penyakit Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dalam 2 (dua) angkatan dengan peserta masing-masing sebanyak 15 orang dokter Puskesmas.Dalam sambutannya pada penutupan kegiatan angkatan ke-2 hari Rabu 6 April 2016, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr. Fitriani Manan, MKM. menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tentu saja harus ada peningkatan keterampilan nakes. 

Dalam hal ini perlu peran organisasi profesi yaitu IDI untuk menjaga kompetensi anggotanya, karena IDI adalah organisasi yang menaungi anggota-anggota di bawahnya, di mana IDI pun mendapat amanah untuk menyusun standar profesi, seperti standar etik/ KODEKI, standar kompetensi yaitu kompetensi minimal yang harus dikuasai oleh seorang dokter yang baru lulus, Standar Pelayanan Kedokteran yang harus dikuasai dokter pada saat berada di fasilitas pelayanan kesehatan, terdiri dari Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran dan Standar Prosedur Operasional. SPK mengacu pd standar kompetensi dokter Indonesia, yang didapatkan selain setelah lulus juga didapatkan dari pelatihan-pelatihan pengembangan kompetensi berkelanjutan. 

Dr. Fitri juga menyampaikan bahwa dalam Permenkes Nomor 5 tahun 2014, dari 736 daftar penyakit yang ada, terdapat 144 diagnosa penyakit yang harus dikuasai oleh dokter PPK 1. Oleh karena itu perlu adanya refreshinguntuk meningkatkan keterampilannya sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas.

Refreshing dilaksanakan selama 3 hari dengan materi Ilmu Penyakit Kulit & Kelamin, Ilmu Kedokteran Jiwa, Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Kesehatan Anak, Bedah Minor, Ilmu Penyakit Dalam, dan Penyakit Jantung Pembuluh Darah. Adapun narasumber adalah dokter spesialis dibidangnya masing-masing.

Materi-materi yang disampaikan terkait dengan kasus penyakit yang prevalensinya cukup tinggi dan merupakan kasus yang sering terjadi di Puskesmas.  

Pada akhir sambutannya Sekretaris Dinas Kesehatan menyampaikan  komitmen Dinas Kesehatan Kota Cimahi, bahwa dari 144 diagnosa penyakit baru mampu melaksanakan 134 diagnosa terkait dengan ketersediaan sarana prasarana di Puskesmas.